Nama Bayi

Gejala Kanker Getah Bening

Gejala kanker getah bening merupakan salah satu jenis kanker yang ganas. Sistem kekebalan, mengandung limfatik yang membentuk perisai alami untuk tubuh dari berbagai virus. Cairan limfatik berwarna putih seperti susu dan mengalir keseluruh tubuh, lewat pembuluh limfatik. Perubahan sel limfosit pada limfatik ini yang menjadika gejala kanker getah bening, yang menjadikannya abnormal dan ganas. Perubahan sel limfosit pada bagian tubuh lain seperti pada limpa ataupun sum-sum tulang  juga dapat terjadi.

Klasifikasi Gejala Kanker Getah Bening

Kanker kelenjar getah bening, dapat dibagi menjadi dua jenis :

1. Hodgkin’s

Pembengkakan pada bagian tubuh dan menyeluruh seperti pada ketiak, leher dan lipatan paha merupakan gejala kanker getahbeningHodgkin’s. Tidak terasa nyeri pada benjolan ini. Sering berkeringat pada malam hari, demam, berkurangnya nafsu makan dan penurunan berat badan drastis. Terkadang mengakibatkan gangguan pernapasan.

Pembentukkan sel abnormal sangat progresif dan terjadi sangat cepat. Pria atau wanita usia 15-38 tahun dan 50 tahun, beresiko terhadap penyakit ini.

2. Non-Hodgkin

Limfoma jenis ini lebih sering terjadi pada pria terutama pada usia di atas 50 tahun. Gejalanya adalah Pembesaran kelenjar getah bening/limfonodus. Pembesaran tonsil dan kelenjar adenoid, limfonodus di leher dan sekitarnya menjadi kemerahan. Limfoma yang berkembang menunjukkan gejala demam, berkeringat pada malam hari, lelah, dan berat badan menurun.

Kanker getah bening Non Hodgkin merupakan kumpulan keganasan kanker yang berasal dari kelenjar getah bening yang tersebar diseluruh tubuh. Limfoma ada yang bertumbuh secara lambat bertahun-tahun ada pula yang cepat dalam hitungan bulan. Kanker jenis ini, lebih sering terjadi ketimbang Hodgkin’s

Infeksi organisme seperti bakteri dan virus memberikan resiko pada gejala kanker getah bening ini timbul. Infeksi pada kulit, telinga, hidung dan mata secara khusus menyebar dan menginfeksi kelenjar getah bening. Belum ada bukti pasti keeratan virus sebagai penyebab kelenjar getah bening, namun penelitian menunjukkan adanya hubungan virus dengan infeksi limfoma yang masih belum diketahui.

Gejala Kanker Getah Bening

Pada umumnya kanker membuat gejala umum pada organ yang terjangkitinya, seperti dibawah ini :

  • Timbul benjolan yang kenyal namun tidak nyeri
  • Tidak menimbulkan peradangan
  • Berkeringat di malam hari
  • Demam berkelanjutan dengan suhu diatas 38 derajat Celcius
  • Kehilangan berat badan lebih dari 10% selama 6 bulan

Dengan mengetahui informasi kanker ini, kita tentunya dapat mewaspadai adanya resiko kanker getah bening dalam tubuh kita. Segeralah memeriksakan diri ke dokter, jika terdapat tanda-tanda gejala kanker ini.


Bermanfaat ? Sebarkan artikel ini

Share

Gejala Kanker Share

http://gejalakanker.org

Gejala Kanker Lainnya


Segala bentuk pelanggaran seperti menyebarkan, menterjemahkan, mengcopy, mencetak, dan segala tindakan lainnya tanpa menyebutkan sumber dan link artikel asal yang ada di GejalaKanker.Org akan ditindak sesuai perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan UUITE. Dengan mengakses situs ini berarti anda telah menerima ketentuan layanan
© 2013 GejalaKanker.Org All Rights Reserved Worldwide. Informasi Gejala Kanker Terlengkap di Indonesia
Muncul di Top Google by Jasa SEO SeoOne.co.id