Nama Bayi

Gejala Penyakit Chikungunya

Gejala penyakit chikungunya menjadi santer terdengar belakangan ini, dikarenakan sejumlah penduduk Indonesia ini sudah terserang wabah penyakit ini. Chikungunya sebenarnya sudah diketahui sejak lama namun, di Indonesia sendiri penyerangannya baru terdengar saat-saat ini. Penyakit chikungunya ini sebenarnya ditularkan oleh gigitan nyamuk yang merupakan keturunan spesies Aedes aegypti penyebab terjedinya gejala penyakit demam berdarah. Maka dari itu penyakit chikungunya biasanya diawali oleh tanda-tanda yang menyerupai demem berdarah, selengkapnya pada artikel ini.

Gejala Penyakit Chikungunya Secara Umum

Gejala penyakit chikungunya pertama di Indonesia terjadi pada wilayah Kalimantan Samarinda, kemudian merambah ke wilayah Sumatera yaitu disekitaran Jambi lalu merambah ke daerah Jawa. Sekitar awalan tahun 2001 terjadi kejadian luar biasa (KLB) demam chikungunya terjadi di Muara Enim, Sumatera Selatan dan Aceh. Disusul Bogor bulan Oktober. Demam chikungunya kemudian berjangkit lagi di Bekasi (Jawa Barat).

Penyakit chikungunya yang telah diketahui terjadi lewat penularan nyamuk ini, menimbulkan gejalanya seperti demam tinggi, sakit perut, mual, muntah, sakit kepala, nyeri sendi dan otot, serta bintik-bintik merah terutama di badan dan tangan. Bisa dibilang gejalanya menyerupai demam berdarah namun untuk gejela penyakit chikungunya ini  tidak terjadi perdarahan hebat, renjatan (shock) maupun kematian. Setelah gigitan nyamuk terjadi, masa inkubasi virusnya selema dua sampai empat hari, sementara manifestasinya tiga sampai sepuluh hari.

Pengobata Gejala Penyakit Chikungunya

Seperti gejala penyakit yang disebabkan dari virus ini biasa menggunakan vaksin namun, Tak ada vaksin maupun obat khusus untuk chikungunya. Pengobatan untuk mengurangi demamnya dengan mengonsumsi obat-obat simptomatik untuk penurun panas dan pereda nyeri. Virus chikungunya ini termasuk self limiting disease alias akan hilang dengan sendirinya namun, rasa nyeri akan tetap ada dalam hitungan minggu.

Penderita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi seperti karbohidrat dan terutama protein serta minum sebanyak mungkin. Konsumsi buah-buhan segar baik secara langsung atau di jus. Setelah lima hari, demem berangsur reda dan penyakit menjadi sembuh. Hal terpenting adalah, tingkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan sehat dan juga vitamin C. Minum banyak air putih juga disarankan untuk menghilangkan gejala demam.


Bermanfaat ? Sebarkan artikel ini

Share

Gejala Kanker Share

http://gejalakanker.org

Gejala Kanker Lainnya


Segala bentuk pelanggaran seperti menyebarkan, menterjemahkan, mengcopy, mencetak, dan segala tindakan lainnya tanpa menyebutkan sumber dan link artikel asal yang ada di GejalaKanker.Org akan ditindak sesuai perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan UUITE. Dengan mengakses situs ini berarti anda telah menerima ketentuan layanan
© 2013 GejalaKanker.Org All Rights Reserved Worldwide. Informasi Gejala Kanker Terlengkap di Indonesia
Muncul di Top Google by Jasa SEO SeoOne.co.id