Nama Bayi

Gejala Penyakit Malaria

Gejala penyakit malaria merupakan penyakit yang ditularkan  gigitan nyamuk seperti gejala penyakit demam berdarah. Nyamuk memang media transimisi penyakit karena lingkungan hidupnya yang tidak bersih. Nyamuk anopheles pembawa penyakit malaria ini menginfeksi bakteri parasit plasmodium dari gigitannya. Saat musim penghujan, nyamuk berkembangbiak dan menjadikan penularan penyakit malaria ini lebih banyak terjadi. Hal itu menunjukkan anopheles merupakan nyamuk epidemis yang banyak pada daerah dengan curah hujan tinggi.

Timbulnya Gejala Penyakit Malaria

Penyakit malaria memang merupakan disebabkan hal kecil yaitu gigitan nyamuk namun dapat membahayakan nyawa jika tidak ditangani dengan serius. Tingkat keparahan terjadinya gejala penyakit malaria ini tergantung pada jenis nyamuk apa yang menggigitnya. Diagnosa awal penyakit ini hampir sama seperti gejala penyakit tifus karena penyakit ini diawali dengan demam. Parasit plasmodium yang ditularkan nyamuk bersembunyi di hati kemudian terus berkembang biak yang menginfeksi sel darah merah. Malaria dikenal dengan gejala menggigil yang menyertai demam tersebut. Gejala umumnya sebagai berikut :

  • Demam tinggi
  • Menggigil berulang-ulang misalnya 2 hari sekali
  • Berkeringat terus-menerus dengan penurunan suhu tubuh
  • Rasa ketidaknyamanan atau malaise
  • Mual yang disertai muntah
  • Diare

Jika ditemukan gejala penyakit demam yang disetai gejala di atas pertolongan tenaga medis harus segala dilakukan karena bakteri penyakit ini menyerang tubuh manusia dengan cepat.

Pengobatan Gejala Penyakit Malaria

Seperti yang telah diketahui di atas, penyakit ini terjadi karena infeksi bakteri. Penyakit yang disebebkan akibat serangan bakteri dari luar ini sulit disembuhkan karena setelah terinfeksi penyakit ini berarti pada diri orang tersebut telah tertanam parasit bakteri tersebut. Penyerangan parasit plsmodium ini hinggap pada bagian organ hati yang sulit dibunuh dengan pemberian obat jadi sewaktu-waktu bakteri ini dapat berkembang biak lagi dan merusak sel darah merah.

Infeksi yang terjadi karena bakteri seperti ini sebenarnya dapat lebih ampuh dicegah dengan menggunakan vaksin atau obat pencegahannya dari pada untuk penyembuhan. Karena parasit yang masuk dalam tubuh langsung bisa dilumpuhkan sebelum bersembunyi pada sistem organ hati. Jenis obat primakuin dan klorokuin banyak digunakan di Indonesia untuk mengobati pasien malaria yang tingkat keparahannya rendah. Pengobatan untuk malaria yang lebih parah menggunakan primakuin dan quinacrine namun jenis obat ini sangat keras untuk sel hati yang sehat karena menyerang parasit malaria yang tersembunyi dalam hati.


Bermanfaat ? Sebarkan artikel ini

Share

Gejala Kanker Share

http://gejalakanker.org

Gejala Kanker Lainnya


Segala bentuk pelanggaran seperti menyebarkan, menterjemahkan, mengcopy, mencetak, dan segala tindakan lainnya tanpa menyebutkan sumber dan link artikel asal yang ada di GejalaKanker.Org akan ditindak sesuai perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan UUITE. Dengan mengakses situs ini berarti anda telah menerima ketentuan layanan
© 2013 GejalaKanker.Org All Rights Reserved Worldwide. Informasi Gejala Kanker Terlengkap di Indonesia
Muncul di Top Google by Jasa SEO SeoOne.co.id