Nama Bayi

Gejala Penyakit Paru-Paru

Gejala penyakit paru-paru merupakan penyakit yang biasanya bersarang lama dalam tubuh. Paru-paru merupakan organ inti untuk sistem pernafasan layaknya jantung pada tubuh. Organ penting seperti ini harus dirawat karena kebiasaan kecil yang membahayakannya dapat menimbulkan permasalahn yang serius dikemudian hari. Udara yang dihirup oleh hidung yang kemudian masuk ke paru-paru melalui saluran pernafasan sehingga pada paru-paru inilah oksigen diedarkan kebagian-bagian tubuh. Coba bayangkan bagaimana jika organ penting ini rusak? Maka dari itu dalam artikel ini akan kami ulas seengkapnya mengenai gejala penyakit paru-paru.

Jenis Penyakit Paru-paru

Penyakit yang meneyerang pada sistem pernafasan khususnya paru-paru ini terbagi dalam beberapa jenisnya yang telah kami bahas dalam artikel sebelumnya seperti gejala penyakit TBC dan gejala penyakit bronkitis. Beberapa penyakit paru-paru yang lain diantaranya sebagai berikut :

  1. Radang paru-paru (Pneumonia) – peradangan yang terjadi pada gelembung udara yang bertugas menyerap oksigen karena gelembung ini terisi cairan yang kemudian disebut dengan pnemonia. Penyebab utamanya adalah virus yang menyerang sistem pernafasan atas seperti flu.
  2. Legoinnaries – penyakit ini hampir sama seperti pnemonia namun bakteri penyebabnya berbeda. Bakteri yang menyebabkan penyakit ini berbentuk batang dan berkembang biak sangat cepat pada genangan air dimanapun contohnya, pada saluran pipa ledeng. Jadi bakteri ini juga bisa mengkontaminasi air minum.
  3. Efusi pleura – penyakit ini juga disebabkan karena cairan berlebih pada membran yang mengelilingi paru-paru. Pemicu terjadinya cairan seperti ini dikarenakan gejala penyakit asma ataupun TBC yang terjadi sehingga kerja paru-paru terganggu. Sesak dan rasa nteri yang terasa karena kerja paru-paru menjadi lebih berat karena cairan berlebih itu.

Pencegahan Penyakit Paru-paru

Penyakit paru-paru ini bisa membahayakan jika dibiarkan saja tanpa penanganan yang serius. Seperti yang kita ketahui, hampis setiap jenis penyakit paru-paru disebabkan oleh virus ataupun bakteri disekitar kita maka dari itu pencegahan terinfeksinya penyakit ini lebih baik ketimbang mengobati penyakit. Lingkungan sekitar dan gaya hidup sangat mempengaruhi kesehatan paru-paru. Seperti halnya kebiasaan merokok, asapnya meracuni paru-paru yang pada akhirnya merusak sistem kerja pernafasan itu sendiri. Selain itu faktor lingkunga yang berpolusi meningkatkan udara yang terhirup masuk ke dalam paru-paru telah tercemar.

Hentikan kebiasaan meracuni paru-paru dengan merokok dan jagalah udara sehat yang masuk ke dalam paru-paru anda dengan menggunakan masker saat beraktivitas diluar ruangan,


Bermanfaat ? Sebarkan artikel ini

Share

Gejala Kanker Share

http://gejalakanker.org

Gejala Kanker Lainnya


Segala bentuk pelanggaran seperti menyebarkan, menterjemahkan, mengcopy, mencetak, dan segala tindakan lainnya tanpa menyebutkan sumber dan link artikel asal yang ada di GejalaKanker.Org akan ditindak sesuai perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan UUITE. Dengan mengakses situs ini berarti anda telah menerima ketentuan layanan
© 2013 GejalaKanker.Org All Rights Reserved Worldwide. Informasi Gejala Kanker Terlengkap di Indonesia
Muncul di Top Google by Jasa SEO SeoOne.co.id