Nama Bayi

Gejala Penyakit Tifus

Gejala penyakit tifus seringkali terjadi dan menyebabkan penderita penyakit ini dilarikan ke rumah sakit. Penyakit ini disebabkan oleh lingkungan yang tidak bersih dan dijangkiti bakteriĀ Salmonella enterica. Bakteri ini dapat mengkontaminasi makanan atau sistem sanitasi sebuah tempat yang buruk. Bakteri yang mencemari makanan dapat tertelan dan dicerna oleh usus dan lambung. Jika sudah begini, bakteri akan masuk pada jaringan limfoid. Disanalah bakteri berkembang biak dan mengalir pula pada pembuluh darah yang menjadikan bagian tubuh tertentu terinfeksi.

Gejala Penyakit Tifus Berbahaya

Penyakit yang menular akibat pencemaran pada makanan atau pola hidup yang kurang bersih, memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh. Bakteri tifus menyerang sistem pencernaan sehingga mengalami peradangan akut yang menyebabkan demam tifoid. Demam ini berlangsung kurang lebih tujuh hari, dengan tanda-tanda penyakit tifus laiinya seperti berikut ini :

  • Perut sakit, menyebabkan mual dan muntah – bakteri ini menyerang usus dua belas jari, sehingga timbul rasa sakit pada perut sebelah kiri. sedangkan pada gejala penyakit maag perut bagian atas dekat ulu hati terasa sakit.
  • Demam – Demam disertai panas tubuh yang meninggi sampai 40 derajat celcius yang dibarengi dengan badan lesu dan lemas
  • Perubahan Kebiasaan Buang Air Besar – bakteri yang mengganggu sistem pencernaan ini, akan menyebabkan diare saja atau bahkan sulitnya buang air besar
  • Melambatnya denyut nadi – pada umunya demam mengakibatkan tingginya denyut nadi, namun demam karena gejala penyakit tifus menyebabkan kebalikannya. Karena racun dari bakteri tifus, yang menyebabkan reaksi tersebut.
  • Lidah berwarna putih – Penderita gejala tifus, bagian tengah lidahnya berwarna putih dan pinggirnya kemeraha, dan akan bergetar jika lidahnya dijulurkan.

Pencegahan Gejala Tifus

Jikaditemui gejala seperti di atas, disarankan untuk segera konsultasikan kesehatan pada tenaga medis. Penularan penyakit tifus memang dikarenakan bakteri, namun pencegahannya dapat dilakukan dengan berbagai cara berikut ini :

  • Usahakan untuk tidak makan makanan yang tercemar dan hindari makanan setengah matang, seperti telur setengah matang
  • vaksin tifus untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap bakteri tifus ini
  • istirahat yang cukup dan olahraga teratur
  • Bagi orang yang pernah mengalami penyakit tifus, hindarilah pekerjaan denga aktivitas yang berat. Karena kelelahan membuat gejala penyakit tifus kambuh.

Bermanfaat ? Sebarkan artikel ini

Share

Gejala Kanker Share

http://gejalakanker.org

Gejala Kanker Lainnya


Segala bentuk pelanggaran seperti menyebarkan, menterjemahkan, mengcopy, mencetak, dan segala tindakan lainnya tanpa menyebutkan sumber dan link artikel asal yang ada di GejalaKanker.Org akan ditindak sesuai perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan UUITE. Dengan mengakses situs ini berarti anda telah menerima ketentuan layanan
© 2013 GejalaKanker.Org All Rights Reserved Worldwide. Informasi Gejala Kanker Terlengkap di Indonesia
Muncul di Top Google by Jasa SEO SeoOne.co.id