Nama Bayi

Gejala Penyakit Varises

Gejala penyakit varises biasanya sangat mengganggu penampilan karena biasanya muncul pada bagian tubuh yang sering terlihat seperti betis dan kaki. Varises banyak muncul pada wanita dengan mobilitas kerja yang tinggi namun ternyata tidak hanya mengganggu penampilan. Varises ini dapat berbahaya jika tidak segera ditangani. Pada artikel ini kami akan bahas selengkapnya mengenai gejala penyakit varises ini.

Timbulnya Gejala Penyakit Varises

Varises umunya timbul pada kiki seperti undakan-undakan pada kulit yang menjalin pada satu bagian tubuh. Umumnya orang tidak menyadari bahaya varises sedang mengintai sehingga tidak sempat menghindarinya. Penyakit varises merupakan penyumbatan pembuluh darah vena pada katup darah yang seharusnya mengalirkan kembali ke jantung. Darah yang tidak bisa mengalir dengan baik ke jantung akan berkumpul pada satu tempat tersebut sehingga menjadikan pembuluh darah vena membengkak pada bagian tersebut.

Wanita menjadi salah satu penderita gejala varises paling banyak karena beberapa faktor yang mempengaruhinya yaitu :

  • Wanita usia lanjut – Wanita yang telah mengalami masa menopouse biasanya cenderung mudah varises karena tidak diproduksinya lagi hormon estrogen sehingga pembuluh darah tidak elastis lagi. Hal ini menjadikan pembuluh darah vena tidak lentur dan akhirnya melebar dan menonjol pada permukaan kulit.
  • Wanita hamil – Ibu hamil mengalami pertambahan berat badan yang menjadikan tulang penopang tubuhnya menjadi lebih berat bertugas. Keadaan varises pada kaki ini mungkin bisa terlihat karena kaki untuk menopang tubuh itu cukup lama selama mengandung.

Cara Menghindari Timbulnya Gejala Penyakit Varises

Penyakit varises ini sebenarnya merupakan akibat dari kerusakan pembuluh darah vena sehingga membuat kurangnya kinerja pembuluh darah ini. Beberapa kebiasaan sehari-hari yang dilakukan sebenarnya dapat dihindari untuk mencegah timbulnya varises ini, beberapa diantaranya sebagai berikut :

  • Setelah beraktivitas sebaiknya istirahatkan kaki dengan berbaring pada posisi tubuh dengan posisi tungkai kaki lebih tinggi dari jantung selama 20 menit. Lakukan posisi ini setiap tidur malam jika varises telah timbuu untuk memperlancar lagi aliran darah pada pembuluh vena.
  • ┬áJangan berdiri terlalu lama.
  • Lakukan olahraga kaki secara rutin seperti berjalan kaki atau bersepeda sekitar 30 menit.
  • Konsumsi makanan sehat yang membantu melancarkan peredaran darah seperti manfaat bawang putih dan manfaat jahe.
Pola hidup sehat seperti di atas ini bukan tidak mungkin untuk dilakukan untuk mencegah gejala penyakit varises ini.

Bermanfaat ? Sebarkan artikel ini

Share

Gejala Kanker Share

http://gejalakanker.org

Gejala Kanker Lainnya


Segala bentuk pelanggaran seperti menyebarkan, menterjemahkan, mengcopy, mencetak, dan segala tindakan lainnya tanpa menyebutkan sumber dan link artikel asal yang ada di GejalaKanker.Org akan ditindak sesuai perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan UUITE. Dengan mengakses situs ini berarti anda telah menerima ketentuan layanan
© 2013 GejalaKanker.Org All Rights Reserved Worldwide. Informasi Gejala Kanker Terlengkap di Indonesia
Muncul di Top Google by Jasa SEO SeoOne.co.id